Pendataan dan Cek Golongan Darah di Kampung Glondong

Wartawan Desa Wirokerten 14 Januari 2020 12:22:24 WIB

WIROWARTA - Minggu, 12 Januari 2020, Warga Kampung Glondong beramai-ramai datang ke Serambi Masjid Nurul Huda 19 untuk melakukan cek golongan darah serta pendataan golongan darah. Kegiatan tersebut merupakan program dari Kampung Glondong tetapi dipanitia oleh Ikatan Muda-Mudi Glondong dan diikuti oleh seluruh Warga Kampung Glondong, mulai dari anak-anak sampai lansia. Kegiatan itu bersifat gratis alias tidak dipungut biaya sepeserpun, jadi warga sangat antusias untuk andil di acara tersebut.

 “Tujuan diadakan pendataan dan cek golongan darah yang jelas untuk memudahkan Masyarakat Kampung Glondong bila suatu saat (mohon maaf) membutuhkan bantuan donor darah karena suatu hal yang tidak diinginkan, Warga Glondong sendiri dapat membantu dengan mudah melalui data golongan darah yang sudah dimilki kampung sehingga pihak keluarga penerima donor juga tidak perlu ribet dalam mencari pendonor darah, tinggal menghubungi warga yang memiliki golongan darah yang sama yang diliat dari data kampung. Namun, jika masih kekurangan pendonor, barulah kita mencari bantuan melalui PMI dan rumah sakit lainnya.” Terang Septian Dwi Cahyo sebagai Ketua Ikatan Muda-Mudi Glondong.

Septian Dwi Cahyo juga berharap agar nantinya setelah adanya program pendataan dan cek golongan darah ini dapat dilanjutkan dengan event yang serupa, misalnya Glondong Wani Nggetih maksudnya program untuk donor darah dengan sasaran utamanya seluruh Warga Glondong, tetapi juga tidak menutup kemungkinan untuk warga sekitarnya. Intinya, program seperti ini diutamakan memang untuk acara sosial serta mencari amal sehingga harapannya partisipasi warga bertambah banyak.

Kegiatan pendataan dan cek golongan darah dimulai pukul 08.00 wib, tetapi sebelum itu, pada pukul 07.00 wib panitia (Ikatan Muda-Mudi Glondong) melakukan persiapan di Serambi Masjid Nurul Huda 19 dengan menata rapi meja-meja yang akan digunakan oleh warga untuk melakukan pendataan dan cek golongan darah. Pertama, masyarakat melakukan pendaftaran di meja pertama, kemudian antre untuk pengecekan golongan darah, jika sudah mengetahui golongan darah apa yang dimiliki, dapat langsung ke meja terakhir untuk pendataan golongan darah sebagai arsip kampung. Setelah dirasa sudah tidak ada warga yang akan mengecek golongan darah lagi, tepat pukul 10.30 wib pendataan dan cek golongan darah ditutup.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Kirab Budaya

Lokasi WIROKERTEN

tampilkan dalam peta lebih besar