Pengolahan Sampah oleh BUMDes “Wirajaya Makmur” Desa Wirokerten

ADMINISTRATOR 02 September 2016 15:07:10 WIB

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah lembaga usaha yang dikelola desa bersama masyarakat dengan tujuan untuk memperkuat perekonomian desa berdasarkan kekuatan potensi lokal. Berbeda dengan lembaga usaha lain, BUMDes bermaksud untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan tidak memunculkan perkembangan sistem usaha kapitalis yang akan tumbuh di desa. Desa Wirokerten, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul saat ini juga sudah memiliki BUMDes. BUMDes yang diberinama BUMDes Wirajaya Makmur memang masih baru. Akan tetapi semangat warga bersama pemerintah desa cukup tinggi.

Kegiatan BUMDes Wirajaya Makmur mempunyai beberapa kegiatan, salah satunya adalah pengelolahan sampah. Tingginya sampah yang ada di Desa Wirokerte diolah agar lebih berdaya guna,misalnya untuk pupuk. Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Dusun Sampangan, pada tanggal 28 Agustus 2016, mereka bergeliat untuk mengelola sampah melalui BUMDes Wirajaya Makmur. Semua masyarakat baik bapak – bapak, pemuda maupun ibu – ibu cukup antusias dalam mengelola sampah agar lebih bermanfaat dan kalau dijual menambah penghasilan.

Komentar atas Pengolahan Sampah oleh BUMDes “Wirajaya Makmur” Desa Wirokerten

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License