Penguatan Rintisan Desa Budaya Wirokerten, UMY Mendampingi Kalurahan Wirokerten

REDAKTUR 31 Januari 2024 17:28:02 WIB

Wirowarta_ Wirokerten, 30 Januari 2024 – Pendopo Pasar Blumbang Mataram menjadi saksi pelaksanaan acara pelatihan penguatan rintisan Desa Budaya Kalurahan Wirokerten pada Selasa malam, 30 Januari 2024. Acara yang diinisiasi oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam skema Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM), dihadiri oleh sejumlah perwakilan masyarakat, tokoh adat, dan Pemerintahan Kalurahan Wirokerten.

Bertema "Transformasi Rintisan Desa Budaya: Strategi Penguatan Rintisan Desa Budaya Berkelanjutan Menuju Desa Mandiri Budaya", pelatihan ini diarahkan untuk memberikan pandangan baru dan strategi yang inovatif dalam mengembangkan potensi budaya lokal sebagai pendorong pengajuan legalitas Rintisan Desa Budaya Kalurahan Wirokerten.

Perwakilan masyarakat dari delapan (8) padukuhan di Kalurahan Wirokerten turut ambil bagian dalam pelatihan yang dipandu oleh Slamet Pamuji selaku Sekretaris Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul. Dalam paparanya, Slamet Pamuji mengapresiasi inisiatif Kalurahan Wirokerten untuk menggali dan mengembangkan potensi budaya sebagai sumber daya utama pembangunan.

Anwar Kholid selaku dosen Ilmu Pemerintahan UMY dan Ketua Pengabdian UMY, membuka kegiatan dalam pelatihan ini. Dalam dambutannya, Anwar Kholid menyoroti pentingnya peran Desa Budaya dalam menggerakkan perekonomian lokal dan mempertahankan identitas budaya yang unik.

"Penguatan rintisan Desa Budaya bukan hanya tentang pelestarian tradisi, tetapi juga bagaimana menjadikannya sebagai motor penggerak ekonomi dan sumber daya masyarakat. Dengan menggali potensi budaya secara berkelanjutan, Rintisan Desa Budaya dapat menjadi landasan pembangunan yang kokoh," kata Anwar Kholid.

Pelatihan ini juga menjadi ajang diskusi antara perwakilan masyarakat dengan narasumber untuk berbagi ide dan pandangan bersama. Hal ini bertujuan untuk merumuskan langkah konkrit menuju penguatan Rintisan Desa Budaya yang berkelanjutan.

Widayanto, Ulu-Ulu Kalurahan Wirokerten, menyatakan apresiasinya terhadap pelaksanaan acara tersebut. "Penguatan Rintisan Desa Budaya merupakan bagian integral dari upaya kami untuk memajukan Kalurahan Wirokerten. Dengan melibatkan seluruh padukuhan, kami berharap dapat menciptakan desa yang mandiri secara budaya dan ekonomi," ujarnya.

Dengan semangat positif dan antusiasme peserta, pelatihan penguatan Rintisan Desa Budaya di Kalurahan Wirokerten diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam mengembangkan dan mempertahankan warisan budaya yang kaya dan unik.

Komentar atas Penguatan Rintisan Desa Budaya Wirokerten, UMY Mendampingi Kalurahan Wirokerten

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License