Berwisata sekaligus menambah ilmu di pantai baru

REDAKTUR 13 Februari 2024 17:07:09 WIB

Wirowarta - 12 Februari 2024 – ada yang menarik ketika Penggiat Pengurus Kolam Grojogan ( Pasar Blumbang) melaksanakan kegiatan studi tiru sekaligus berwisata, kegiatan tersebut dilaksanakan padahari senin ( 12/02) bertempat di kawasan Pantai Baru,  Ngentak, Poncosari, Kec. Srandakan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55762.

Mengutip dari Yogyes.com Pantai ini disebut pantai "baru" karena baru diresmikan sebagai objek wisata pada bulan Mei 2010, sangat "terlambat" dibandingkan pantai lain yang ada di sekitarnya, Pantai Baru berdekatan dengan Pantai Kawaru, Pantai Goa Cemara, dan Pantai Pandansimo.

Seperti halnya pantai di kawasan Bantul yang berbatasan dengan Samudera Hindia, Pantai Baru merupakan pantai dengan hamparan pasir berwarna hitam dan ombak besar. Keunikan Pantai Baru adalah keberadaan tanaman camera udang yang rimbun di sekitar pantai. Serta  seperti wisata pantai pada umumnya identik dengan restoran yang menjajakan aneka makanan bernuansa seafood.

 Acara ini dimulai pada pukul 09.00 hingga pukul 12.00 WIB , dengan narasumber Bapak Sukijan yang merupakan salah satu aktor dan perintis dari Pantai baru khususnya UMKM , dan diketahui bahwa beliau dulunya pernah menjabat sebagai Ulu-ulu di Kelurahan Poncosari.

Materi yang disampaiakn mencakup keseluruhan dari mulai merintis hingga UMKM di kawasan pantai baru bisa seperti ini. Pembahasan berkaitan  struktur organisasi , pengelolaan kawasan wisata, tugas dan tanggung jawab, keuangan dsb dikupas pada kegiatan studi tiru ini.

Bu shofi selaku ketua pengurus kolam grojogan ( pasar blumbang ) menyampaiakn bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya untuk gambaran kedepaan berkaitan dengan pengembangan obyek wisata Pasar Blumbang yang berada di Kalurahan Wirokerten Banguntapan Bantul.

Hadir pada kegiatan tersebut Ulu-ulu kelurahan wirokerten Bapak Widayanto didampingi Ketua  TPK Kelurahan Sodara Arif Kurniawan , Perwakilan Bamuskan Bapak Wawan dan pastinya Bapak dan Ibu Pengurus Kolam Grojogan ( Pasar Blumbang ). Harapan dari kegiatan ini tentunya pengoptimalan UMKM serta kesamaan produk dimana kawasan pasar blumbang merupakan kawasan kolam yag identik dengan produk perikanaan air tawar,  yang dapat diolah menyerupai olahan seafood di kawasan pantai baru.

Komentar atas Berwisata sekaligus menambah ilmu di pantai baru

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License