Macapat "Santi Swara" Mutihan

REDAKTUR 09 September 2024 08:28:06 WIB

Wirawarta (9/9) - Dalam rangka melestarikan dan Nguri-nguri kebudayaan tim macapat "Santi Swara" Mutihan melaksanakan Gladhen macapat Sabtu, 7 September 2024 bertempat di rumah Ketua RT 02, Bapak Supriyana.

Acara dimulai dari jam 20.00 WIB dihadiri anggota Santi swara yang berjumlah 16 personil serta hadir juga Ketua Pokgiat Mutihan, Bapak Hasim serta dibimbing langsung oleh guru sekaligus pembina, Bapak Seni. Peserta yang semuanya sudah disebut lansia tetapi memiliki semangat dan kebersamaan yang tinggi dalam belajar macapat, lantunan lagu dari satu ketukan ke ketukan diikuti dengan seksama.

Pertemuan kali ini belajar mengenai lagu Maskumambang dengan jenis laras Pelog P Barang, Maskumambang adalah sebuah tembang Jawa yang memiliki sifat sedih, prihatin, kalau dalam bahasa Jawa sering disebut 'keloro-loro'.

Ketua Macapat Santi Swara menyampaikan bahwa bagi warga yang berkenan dan berniat gabung bisa langsung datang latihan setiap malam minggu di rumah Bapak Supriyana.

#haim

Komentar atas Macapat "Santi Swara" Mutihan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License