"Merti Kali", Wujud Kecintaan Terhadap Tanah Air

13 November 2017 05:51:20 WIB

WIROWARTA - Sekitar seratusan orang berkumpul di kampung Sawo tepatnya dusun Kepuh Kulon guna persiapan untuk membersihkan bantaran sungai atau biasa disebut merti kali pada Jumat (10/11/18). Pemerintah Desa Wirokerten yang bekerja sama dengan warga Kepuh Kulon bersama LINMAS dan OPRB desa Wirokerten melakukan Merti Kali. Merti kali tersebut bertujuan untuk membersihkan sampah terutama plastik atau sampah yang tak bisa digradasi. Lokasi merti kali tersebut aliran sungai di wilayah Dusun Grojogan dan Kepuh Kulon. Secara teknis pembersihan bantaran sungai dibagi menjadi 2 tim untuk mempercepat pekerjaan.

Persiapan merti kali didahului upacara peringatan hari pahlawan. Upacara tersebut berlangsung lancar. Lurah Desa Wirokerten selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya menegaskan bahwa program merti kali ini adalah wujud nyata kecintaaan kita terhadap tanah air. Bagaimana tidak, sebagai makhluk hidup kita membutuhkan air. Nah maka dari itu sudah kewajiban manusialah untuk menjaga sungai tetap ada dengan kebersihan airnya dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Pemilahan sampah organik dan anorganik pun penting dilakukan untuk mempermudah pengelolaan sampah.

Komentar atas "Merti Kali", Wujud Kecintaan Terhadap Tanah Air

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License