DAMPAK KEMARAU PANJANG WARGA SAMPANGAN BENDUNG SUNGAI

Operator 3 23 September 2019 00:24:52 WIB

WIROWARTA - Dampak Kemarau Panjang yang terjadi di Indonesia tahun 2019 ini membuat beberapa daerah mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih, seperti yang dialami warga Dusun Sampangan Lor Rt 03 Desa Wirokerten. Menurut perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) , kemungkinan besar kemarau tahun ini akan lebih lama dari biasanya, yang berarti akan memicu kekeringan lebih panjang. Menurut BMKG, musim kemarau masih akan terjadi hingga November 2019 (sumber tribunjogja.com).

            Triyono warga Dusun Sampangan Lor mengatakan dampak kemarau panjang ini juga dirasakan warga Wirokerten Khususnya di Dusun Sampangan, sumur warga yang bisanya melimpah air kini muai surut dan lama untuk keluar airnya, hingga Warga Sampangan Rt 03 bersama-sama membendung Aliran sungai Gajah Wong yang melintasi Dusunyan dengan harapan sumur mereka terisi dengan resapan air sengai tersebut.

            Setelah melakukan musyawarah dengan masyarakat Rt 03 Sampangan, seluruh warga sepakat untuk membendung Aliran sungai Gajah Wong. Warga Sampangan Rt 03 pada Hari Minggu (22/09/2019) pukul 08.00 WIB bergotong-royong membuat bendungan di Sungai Gajah Wong dengan menggunakan Bambu dan Karung yang diisi dengan Tanah, semua warga sampangan Rt 03 ikut serta membantu membendung aliran sungai tersebut dengan harapan sumur mereka tidaklagi kering karna resapan dari sungai Gajah Wong.

Komentar atas DAMPAK KEMARAU PANJANG WARGA SAMPANGAN BENDUNG SUNGAI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License