PEMBANGUNAN TALUT DUSUN GLONDONG-KERTOPATEN

Operator 3 16 Desember 2019 16:32:45 WIB

WIROWARTA - Sabtu, 14 Desember 2019 pembangunan talut sepanjang 217 meter yang menghubungkan Dusun Glondong dan Kertopaten kini telah usai. Perbaikan talut tersebut berlangsung selama kurang lebih 30 hari dimulai dari tanggal 14 November 2019 dan selesai pada tanggal 14 Desember 2019.

 Pembangunan ini termasuk salah satu program  Pemerintah Desa Wirokerten yang merupakan usulan dari Warga Padukuhan Glondong. Pembangunan ini merupakan dua jenis kegiatan pembangunan yang didanai dari APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa ) dan sebagian lagi dari APBD ( Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ) dari dana aspirasi Bapak H. Endro Sulastomo S.H. sebagai anggota DPRD Bantul.

          Nuryanto sebagai Dukuh Glondong Kertopaten yang turun langsung ke lapangan mengatakan bahwa tujuan pembangunan talut jalan tembus Glondong Kertopaten ini yang utama jelas untuk menaggulangi jalan agar tidak longsor, selain itu juga disisi utara ada pelebaran kurang lebih sekitar 50 cm sehingga yang dulunya saat berpapasan harus berhenti dahulu, sekarang tidak lagi berhenti dan lancar.

          “Proses pembangunan dikerjakan dengan sistem padat karya yaitu pengambilan para tenaga kerja di wilayah sekitar,tentunya dari Pedukuhan Glondong dan Kertopaten sendiri, bermaksud untuk memberi lapangan kerja sementara dan agar mereka juga rumangsa handarbeni (merasa ikut memiliki) sehingga warga sekitar akan ikut merawat talut tersebut. Tidak lupa juga kami ucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat dan semua pihak terkait yang telah membantu pekerjaan kami, khususnya bagi warga pemilik sawah yang digunakan untuk pelebaran jalan tersebut, dan semoga menjadi amal jariyah bagi mereka" lanjut Nuryanto.

          Ia juga berharap dengan pelebaran jalan sekitar 50 cm tersebut kedepannya dapat memperlancar akses kegiatan sehari-hari masyarakat, seperti mencari pakan ternak, mengairi sawah, dan sebagainya sehingga dapat menunjang roda perekonomian agar semakin meningkat. (Alansapt)

Komentar atas PEMBANGUNAN TALUT DUSUN GLONDONG-KERTOPATEN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License