Bagaimana sabun bisa membasmi virus corona?

27 Maret 2020 10:31:57 WIB

Cara paling efektif untuk membunuh virus corona adalah dengan mencuci tangan dengan sabun. Tapi, kebanyakan orang tidak tahu alasannya. Lalu, bagaimana cara sabun membunuh coronavirus?

 

Ketika dilihat menggunakan mikroskop, anatomi corona virus diselubungi oleh lapisan protein dan lemak. Pada umumnya, virus sangat mudah menempel dimana saja. Ketika kita mencuci tangan hanya dengan air, virus tersebut tidak akan terlepas dari tangan begitu saja. Sebagian besar virus akan tetap menempel dan siap menginfeksi apabila masuk ke saluran napas ketika kita menggaruk hidung, menyentuh wajah, mengorek bibir, atau mengucek mata.

 

Tapi, bagaimana sabun bisa membunuh virus? Jawabannya adalah karena sabun terdiri dari molekul surfaktan. Molekul yang terdiri dari kepala dan ekor ini memiliki dua sisi, hidrofilik yang tertarik oleh air dan hidrofobik yang membenci air. Molekul hidrofobik berasal dari hidrokarbon yang lebih tertarik oleh lemak.

 

Lalu, surfaktan bekerja dengan cara mengangkat corona virus yang tubuhnya diselubungi lemak. Oleh sebab itu, surfaktan akan membunuh virus seperti sabun mengangkat lemak yang mengotori piring kotor berminyak. Lebih tepatnya, molekul itu menonaktifkan virus, sehingga virus tersebut tidak bisa masuk ke sel tubuh manusia.

 

Bagian ekor surfaktan akan menempel pada lapisan lemak selubung virus, sedangkan kepala surfaktan akan mengikuti air. Pada saat kita mencuci tangan, surfaktan tersebut akan merobek selubung virus, lalu menyelubungi tubuh corona virus itu seperti bola-bola kecil. Kemudian, saat kita membasuh tangan, kepala surfaktan akan mengangkatnya dan virus yang menempel di tangan akan luruh bersamaan dengan air.

 

Namun, apabila cara dan teknik cuci tangan kita masih belum benar, virus akan tetap menempel di tangan. Mencuci tangan bukan sekadar membasahi tangan, menyelimutinya dengan sabun dan diakhiri oleh pembilasan. Kita bisa saja merasa tangan sudah bersih dan bebas virus, padahal masih ada virus di sana dan kita tetap akan tertular. Simak gambar di atas untuk tahu cara cuci tangan yang baik dan benar.

 

Referensi :

-https://twitter.com/afrkml/status/1241237894817181696

-https://edition.cnn.com/2020/03/24/health/soap-warm-water-hand-sanitizer-coronavirus-wellness-scn/index.html

Komentar atas Bagaimana sabun bisa membasmi virus corona?

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung