APA ITU VAKSIN COVID-19…?

REDAKTUR 25 Maret 2021 16:09:04 WIB

Vaksin adalah zat yang sengaja dibuat untuk merangsang pembentukan kekebalan tubuh dari penyakit tertentu sehingga bisa mencegah terjangkit dari penyakit tertentu tersebut.

Pada 13 Januari 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) jadi orang pertama yang divaksinasi. Nah, saat itu juga distribusi vaksin dilakukan ke berbagai kota dan kabupaten di Jawa Barat. Pendistribusian vaksin juga sampai dikawal ketat oleh petugas kepolisian. Vaksinasi ini bisa dilakukan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan Emergency Use Authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat di masa pandemi terhadap vaksin Covid-19 buatan Sinovac.

Vaksin Sinovac sudah melalui kajian

Vaksin Sinovac menggunakan bahan berupa virus mati atau dimatikan. Berbahayakah virus mati ini masuk ke dalam tubuh?

 

Tentu peneliti dan pembuat vaksin sudah melakukan berbagai kajian sehingga vaksin tersebut dinyatakan aman.

 

Apalagi BPOM sebagai otoritas regulator obat di Indonesia sudah melakukan berbagai pengujian untuk memastikan aspek mutu, khasiat, dan keamanannya.

 

Apakah vaksin sama dengan obat? Vaksin bukanlah obat. Vaksin mendorong pembentukan kekebalan spesifik pada penyakit Covid-19 agar terhindar dari tertular ataupun kemungkinan sakit berat.

 

Vaksin membentuk kekebalan tubuh

 

Secara umum, vaksin bekerja dengan merangsang pembentukan kekebalan tubuh secara spesifik terhadap bakteri atau virus penyebab penyakit tertentu. Sehingga, apabila terpapar, seseorang akan bisa terhindar dari penularan ataupun sakit berat akibat penyakit tersebut.

 

 Lantas, siapa saja yang boleh divaksin dan tidak? Yang boleh divaksin adalah warga negara Indonesia, berumur 18 tahun ke atas dan dalam keadaan sehat.

 

Sedangkan yang tidak boleh divaksin adalah orang yang sedang sakit, mempunyai riwayat penyakit, umur belum mencukupi, dan belum sembuh dari Covid-19.

Sumber : Kompas.com

 

Komentar atas APA ITU VAKSIN COVID-19…?

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License