FGD antara UMY dan Kalurahan Wirokerten Guna Sukseskan Website Desa Wisata Wirokerten

REDAKTUR 29 Agustus 2022 13:07:17 WIB

WIROWARTA - Sabtu, 27 Agustus 2022, lima mahasiswa UMY yang tergabung dalam program Kompetisi Ide Kreatif (KIK) UMY sedang melaksanakan Focus Grup Discussion bersama perwakilan dari Kalurahan Wirokerten yang dihadiri oleh Pak Widyanto selaku Jagabaya Wirokerten, tiga orang perwakilan dari UMKM, dan Pokdarwis Wirajaya yang dihadiri oleh Bu Ana selaku ketua pokdarwis. Focus Grup Discussion (FGD) ini dilaksanakan di Balai Desa Wirokerten khususnya di ruangan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kalurahan Wirokerten.

Focus Grup Discussion (FGD) tersebut membahas tentang prototype website yang dipaparkan oleh tim KIK UMY untuk menjalin aspirasi suara dari masyarakat tentang kebermanfaatan website tersebut. Rivaldi Alan Saputra selaku Ketua TIM KIK UMY mengatakan bahwa tujuan pemberdayaan ini untuk membantu mengoneksikan potensi-potensi wisata dari delapan padukuhan di Kalurahan Wirokerten tersebut untuk dijadikan dalam satu wadah atas nama website Desa Wisata Wirokerten sehingga terstruktur dan sistematis.

Bu Ana Ratri selaku Ketua Pokdarwis Wirajaya juga mengungkapkan, “Kami (Pokdarwis Wirajaya) mendukung adanya ide kreatif dari mahasiswa UMY ini sebab memang saat ini yang dibutuhkan adalah penjualan secara online atau branding. Jadi, adanya website ini sebagai usaha awal yang baik untuk mengembangkan potensi Kalurahan Wirokerten. Saya juga sangat terbuka apabila teman-teman mahasiswa UMY meminta bantuan Saya, silahkan untuk langsung menghubungi Saya atau datang ke rumah saja.”

Dalam pemamaparan FGD tersebut, tim KIK UMY tidak hanya menjelaskan materi tentang website saja. Namun, mahasiswa UMY juga berencana untuk membuatkan video profil setiap UMKM yang terdaftar dalam website Desa Wisata Wirokerten. Hal ini bertujuan untuk mengiklankan seluruh UMKM yang berada di Kalurahan Wirokerten agar cakupan konsumennya lebih luas. Video ini akan dikemas melalui video professional yang dibuat oleh tim KIK UMY. Rencana pembuatan video ini akan dilaksanakan minggu pertama di bulan September dengan teknisnya, tim KIK UMY akan mendatangai satu-persatu UMKM yang terdaftar dalam website tersebut.

Dalam proses Focus Grup Discussion ini berlangsung interaktif dibuktikan saat sesi tanya jawab, beberapa perwakilan dari UMKM mengungkapkan keresahan selama ini yang dirasakan terkait kendala-kendala keberlangsungan UMKM. Selain itu, pihak UMKM juga membuka diri dan bahagia terkait dalam pembuatan video profil untuk usaha mereka.

Bu Rum selaku produsen gethuk mengatakan, “Monggo saja, jika ingin membuat video kegiatan, saya sangat mengapresiasi bahkan merasa terbantu untuk diiklankan.”

Focus Grup Discussion (FGD) tersebut dimulai pukul 10.00 WIB yang diawali oleh MC lalu dilanjutkan sambutan-sambutan dan pemaparan prototype website, dan ditutup pukul 11.30 WIB yang ditandai dengan foto bersama seluruh peserta dan tim KIK UMY. Sebagai kenang-kenangan dan ungkapan rasa bahagia, Bu Rum pemilik warung gethuk juga membagikan olahan gethuknya untuk dinikmati secara bersama-sama oleh seluruh peserta FGD tersebut.

Komentar atas FGD antara UMY dan Kalurahan Wirokerten Guna Sukseskan Website Desa Wisata Wirokerten

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License