Tim ITV UMY Mengajukan Surat Izin serta FGD bersama Lurah Wirokerten

REDAKTUR 07 September 2022 08:18:51 WIB

WIROWARTA - Tim ITV UMY atau Interconnecting Tourism Village membuka komunikasi dengan Rakhmawati Wijayaningrum selaku Lurah di Kelurahan Wirokerten. Dalam komunikasi tersebut, tim ITV UMY juga menyerahkan surat pemberitahuan bahwa tim ITV UMY yang terdiri dari enam (6) orang mahasiswa UMY akan mengadakan pemberdayaan masyarakat dengan sasaran mitra yaitu Pokdarwis Wirajaya. Dalam kegiatan ini, tim ITV UMY akan membuat website desa wisata dengan tujuan untuk mengakomodasi potensi dari delapan pedukuhan di Kelurahan Wirokerten ini.

Selasa, (06/09/2022) tim ITV UMY berkunjung ke Balai Desa Wirokerten untuk menjalin silaturahmi dengan Rakhmawati Wijayaningrum S.E. selaku orang nomor satu di Kelurahan Wirokerten. Setelah itu, penyerahan simbolis surat perizinan pemberdayaan masyarakat yang akan dilaksanakan sampai bulan Oktober ke depan. Selain itu, tim ITV UMY juga berdiskusi dengan Lurah Wirokerten untuk membahas pembuatan website Desa Wisata Wirokerten.

Rakhmawati Wijayaningrum dalam sambutannya mengatakan, “Saya menerima dengan terbuka atas kedatangan teman-teman UMY yang akan melakukan pemberdayaan masyarakat ini. Selain itu, Saya mengapresiasi apa yang menjadi tujuan dari tim (ITV) UMY ini karena memang tujuannya bagus. Harapan Saya, semoga tim ITV UMY ini dilancarkan hingga akhir nanti.”

Setelah dirasa cukup, tim ITV UMY melanjutkan kegiatan berupa Focus Grup Discussion (FGD) dengan Widayanto S.E. untuk membahas terkait konten dari website Desa Wisata Wirokerten. Faizatur Rochmah selaku sekretaris tim ITV UMY mengatakan bahwa konten dari website mengalami perubahan yang semula akan menyorot Kolam Grojogan berubah menjadi wisata kuliner dan wisata edukasi yang akan menjadi sorotan.

“Dalam pembuatan konten website ini diutamakan untuk event Onthel N’Deso yang mana akan dipadukan dengan wisata kuliner dan wisata edukasi yang bekerja sama dengan seluruh UMKM di Kelurahan Wirokerten. Konten ini juga akan menonjolkan wisata proses, seperti proses pembuatan emping melinjo di Pedukuhan Kepuh, pembuatan peci rajut di Padukuhan Botokenceng, pembuatan getuk di Pedukuhan Mutihan, dan sebagainya. Jadi, selain wisatawan diajak bersepeda, wisatawan juga akan diajak untuk melihat proses pembuatan produk Kelurahan Wirokerten.” Lanjut Faiza.

Kegiatan ini dimulai pukul 13.00 WIB yakni anggota tim ITV UMY berkumpul di rumah Alan (salah satu anggota ITV UMY). Lalu, dilanjutkan pergi ke Balai Desa Wirokerten untuk menemui Rakhmawati Wijayaningrum untuk menyerahkan surat perizinan. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan Focus Group Discussion dengan Widayanto selaku Jagabaya di Kelurahan Wirokerten. Kegiatan hari ini ditutup pukul 17.00 WIB dengan pengambilan video kegiatan di Kolam Grojogan.

Komentar atas Tim ITV UMY Mengajukan Surat Izin serta FGD bersama Lurah Wirokerten

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License