Kalurahan Wirokerten Mengikuti Pelatihan BUM Desa

REDAKTUR 21 November 2022 14:08:14 WIB

WIROWARTA - Kalurahan Wirokerten mengikuti Pelatihan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Ruang Rapat PKK, pada hari Kamis, (17/11). Pelatihan ini diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (DPMK) Kabupaten Bantul. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Masyarakat Kalurahan Wirokerten terkait tata kelola BUM Desa ini. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 30 orang yang terdiri dari Pamong, BAMUSKAL, Pokdarwis, Karang Taruna, dan  LPMK.

Pelatihan BUM Desa ini diisi oleh narasumber yang pakar dalam bidangnya, pertama oleh Kuswandari sebagai perwakilan dari DPMK Kabupaten Bantul dengan materi BUM Desa Kuat, Ekonomi Kuat. Lalu, narasumber kedua disampaikan oleh Eko Pambudi dari BUMDes Panggung Lestari, Kalurahan Panggungharjo, Kapanewon Sewon. Selanjutnya, materi ketiga diisi oleh Oni selaku tenaga ahli DPRD Kabupaten Bantul. Terakhir, materi disampaikan oleh Yoserial, S.H. selaku DPRD Kabupaten Bantul.

Dalam materinya, Eko Pambudi mengatakan bahwa BUMDes ini memiliki 3 poin penting, yaitu ekonomi, sosial, dan politik yang mana dari ketiga poin itu saling bertatutan. Ekonomi mengartikan bahwa BUMDes ini bergerak berbasis profit, apapun kegiatannya didasarkan untuk mendapat profit. Profit di sini haruslah berdampak positif kepada masyarakat kalurahan. Aspek sosial memiliki pengertian bahwa BUM Desa ini berhubungan dengan masyarakat sekitar dalam geraknya, misalnya BUMD di Panggung Lestari ini mengajak PKK sebagai marketing. Terakhir, aspek politik bisa diartikan BUM Desa sebagai panggung atau batu loncatan untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi, khususnya Lurah.

“Dalam mencari direktur BUM Desa tidak perlu pintar, tetapi cukup orang yang memiliki keterampilan dalam membaca dan memanfaatkan peluang.” lanjut mantan Direktur BUM Desa Panggung Lestari itu.

Pelatihan ini dimulai pukul 09.00 WIB yang dilaksanakan di Ruang Rapat PKK. Pelatihan ini dibuka oleh Tiwik selaku MC. Dilanjutkan beberapa sambutan, sambutan yang pertama oleh Lurah Kalurahan Wirokerten Hj. Rakhmawati Wijayaningrum S.E, sambutan kedua oleh Evi selaku wakil dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan di Kabupaten Bantul. Kemudian, acara dilanjutkan dengan materi ini yang diisi oleh Kuswandari, Eko Pambudi, Oni, dan Yoserizal. Terakhir, pelatihan ditutup pukul 13.00 WIB.

Komentar atas Kalurahan Wirokerten Mengikuti Pelatihan BUM Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License