BERSIH-BERSIH MAKAM JELANG TRADISI NYADRAN

REDAKTUR 07 Maret 2023 08:47:57 WIB

WIROWARTA - Menyambut bulan Ramadhan dan tradisi nyadran warga kepuh wetan Rt 01.02 bergotong royong membersihkan lingkungan dan makam yang berada di wilayah Rt 01.02, pada Minggu (5/3/2023). Kegiatan ini merupakan tradisi rutin dan dilaksanakan menjelang bulan Ramadhan, ziarah serta membersihkan makam. Di sebagian wilayah kegiatan ini juga sebagai persiapan untuk melaksanakan tradisi “Nyadran”.

Sumarjo warga kepuh wetan Rt.01 mengatakan tradisi bersih makam dan ziarah kubur rutin dilakukan warga kepuh wetan menjelang tradisi nyadran dan menyambut Ramadhan. Tak hanya makam leluhurnya sendiri akan tetapi semua warga membersihkan seluruh makam dari rumput yang menutupi makan.

Dalam kegiatan berdih-bersih makam tersebut di ikuti oleh warga kepuh wetan yang didominasi oleh bapak-bapak dan remaja. Setiap warga yang datang kemakam diwajibkan membawa alat untuk bersih-bersih seperti cangkul, sabit, dan sapu. Selesai membersihkan makam warga kemudian istirahan dan menikmati makanan kevil dan minum yang disediakan oleh pengurus kampung.

 

Komentar atas BERSIH-BERSIH MAKAM JELANG TRADISI NYADRAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License