Sambut Ramadhan, Kampung Tambak dan Dolahan Adakan Penutupan Pengajian Rutin Malam Minggu Kliwon

REDAKTUR 13 Maret 2023 12:29:08 WIB

WIROWARTA - Pengajian rutin salah satu kampung di Kalurahan Wirokerten tepatnya Kampung Tambak dan Dolahan rutin diadakan Malam Minggu Kliwon di Masjid Al Hasan. Kali ini tepat menjelang bulan suci Ramadhan, pegajian rutin diundur di Malam Minggu, 12 Maret 2023. Hal tersebut, bersamaan dengan kegiatan nyadran di kampung ini. Keputusan waktu yang bersamaan didasarkan pada doa yang dipanjatkan untuk para leluhur agar dapat dilakukan bersama-sama. Selain itu, pada saat nyadran setiap warga membuat satu nasi kotak lalu disetorkan ke masjid untuk dibagikan pada saat pengajian berlangsung.

 

Rangkaian pengajian dihadiri oleh warga Tambak dan Dolahan dengan kisaran kurang lebih 150 jamaah. Jamaah yang hadir terdiri dari anak-anak, risma/muda-mudi, bapak-bapak, dan ibu-ibu. Pengajian dimulai pukul 20:15 WIB, diawali dengan pembukaan yang dipimpin oleh pembawa acara, kemudian dilanjutkan sambutan dari takmir masjid. Setelah sambutan selesai, pengajian dilanjutkan dengan tahlil doa bersama untuk para leluhur yang dipimpin oleh Bapak Abdul Karim. Acara inti lainnya yaitu ceramah yang disampaikan oleh Bapak Mukhasin yang merupakan salah satu warga dari Tambak dengan inti ceramah “Menyongsong Bulan Ramadhan”.

Penghujung acara selesai pukul 22:30 WIB yang ditutup oleh pembawa acara dan dilanjutkan dengan para warga yang meninggalkan masjid untuk menuju ke rumah masing-masing. Setelah jamaah meninggalkan masjid, lalu risma membersihkan masjid dan menyuci semua  peralatan yang digunakan di masjid. Risma saling membantu dan bekerja sama untuk memebersihkan masjid agar bersih seperti sedia kala.

Komentar atas Sambut Ramadhan, Kampung Tambak dan Dolahan Adakan Penutupan Pengajian Rutin Malam Minggu Kliwon

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License