Pokdarwis dan Karang Taruna ikuti Peningkatan Kapasitas Dampingan Dosen UMY

REDAKTUR 15 Maret 2023 18:44:41 WIB

WIROWARTA - Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wira Jaya dan Karang Taruna Wiratama Manunggal mengikuti peningkatakan kapasitas berupa pelatihan jurnalistik dan digital branding pada hari Sabtu, 11 Maret 2023. Peningkatan kapasitas ini diadakan di Kolam Pendopo Grojogan, Wirokerten, Banguntapan, Bantul. Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang yang terdiri dari Pamong Kalurahan Wirokerten, Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Kalurahan Wirokerten, Karang Taruna, Pokdarwis, dosen UMY, dan mahasiswa UMY.

Pelatihan jurnalistik dan digital branding ini diinisiasi oleh Prof. Dyah Mutiarin, Sakir Ridho Wijaya, dan tim pengabdian skema Pengabdian Kolaboratif Masyarakat (PKM) dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Prof. Dyah Mutiarin dalam sambutannya mengatakan, “Peningkatan kapasitas berupa pelatihan jurnalistik dan digital branding ini penting diadakan mengingat kendala dari Kalurahan Wirokerten berada di sektor promosi dan branding Pasar Blumbang. Pelatihan ini memberikan manfaat kepada peserta dalam memahami ilmu jurnalistik yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Kegiatan ini pun dikemas melalui teori dan praktik sehingga peserta lebih mudah memahami materi sesuai yang dipaparkan oleh penulis buku yang berjudul Jurnalisme Penyiaran dan Reportse televisi (Fajar Junaedi) tersebut,” tuturnya.

Pelatihan jurnalistik dan digital branding ini mengambil tema “Bersinergi Membangun Jurnalis Muda Berbasis Potensi Lokal Kalurahan Wirokerten” dengan narasumber Dr. Fajar Junaedi, S.Sos, M.Si. selaku dosen ilmu komunikasi UMY sekaligus praktisi dalam jurnalistik dan digital branding. Fajar Junaedi memaparkan bahwa jurnalistik ini penting digunakan untuk mendongkrak branding dari embrio destinasi wisata khususnya Pasar Blumbang. “Ilmu jurnalistik ini mempengaruhi promosi dari konsep wisata yang sedang berjalan empat bulan ini. Pengurus Kelompok Sadar Wisata dan Karang Taruna Kalurahan Wirokerten harus bersinergi untuk mengunggah maupun menyebarkan berita terkait Pasar Blumbang agar trending dan dikenal masyarakat luas,” lanjutnya.

Kegiatan ini disambut dengan baik oleh Widayanto selaku Ulu-Ulu Kalurahan Wirokerten yang mengucapkan terima kasih kepada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) karena telah difasilitasi dalam pelatihan jurnalistik dan digital branding ini. Widayanto mengatakan, “Dari pelatihan ini terlihat peserta memahami dasar kepenulisan jurnalistik yang dibuktikan dengan beberapa peserta telah berhasil mengunggah berita di salah satu platform berita online ini. Kami (Kalurahan Wirokerten) mengucapkan banyak terima kasih karena telah diberikan fasilitas untuk belajar tentang jurnalistik dan branding ini. Semoga melalui kegiatan ini, Kalurahan Wirokerten dapat meningkatkan promosi kunjungan wisatawan di Pasar Blumbang,” sambung Widayanto yang mewakili Lurah Wirokerten tersebut.

Sakir Ridho Wijaya selaku Direktur IGOV UMY sekaligus anggota tim pengabdian skema PKM menambahkan, “Peningkatan kapasitas ini tidak akan berhenti di sini saja, tetapi  akan ada tindak lanjut sebagai bentuk komitmen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam mendamping Kalurahan Wirokerten selama dua tahun ke depan,” tambahnya.

Komentar atas Pokdarwis dan Karang Taruna ikuti Peningkatan Kapasitas Dampingan Dosen UMY

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License