BUMKal Wira Jaya Makmur Melaksanakan Studi Banding di Desa Wonolelo Kabupaten Magelang

REDAKTUR 24 Maret 2023 18:57:59 WIB

WIROWARTA - Badan Usaha Miliki Kalurahan (BUMKal) Wira Jaya Makmur mengadakan peningkatan kapasitas yang dikemas dengan studi banding pada hari Rabu, 22 Maret 2023. Studi banding ini dilaksanakan di Desa Wonolelo yang berada di Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Adapun tujuan studi banding ini untuk melihat tentang manajemen BUMDes Wonolelo terkait pengelolaan wisata khususnya Tol Kahyangan ini. Peningkatan kapasitas ini diikuti oleh 20 orang yang terdiri dari Lurah, Ulu-Ulu, Bamuskal, dan anggota BUMKal Wira Jaya Makmur.

Dalam pelatihan ini, Muhammad Marpono selaku Kepala Desa Wonolelo beserta jajarannya menyambut dengan hangat kedatangan rombongan Wirokerten ini. “Saya selaku Kepala Desa menyambut dengan tangan terbuka atas kedatangan Lurah, pamong, Bamuskal, dan BUMKal Wira Jaya Makmur Kalurahan Wirokerten ini yang menyempatkan waktu untuk belajar tentang pengelolaan BUMDes. Semoga, tujuan saudara dari Wirokerten, Banguntapan ini mendapat sesuatu yang dapat dipetik dari studi banding ini,” lanjutnya.

Sighit selaku Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Wonolelo menyampaikan materi pengelolaan BUMDes yang berhubungan dengan wisata. “Awal mula pengelolaan wisata di sini melalui pembukaan air terjun Kedung Kayang melalui kesadaran warga masyarakat. Dari pembukaan destinasi wisata air ini muncul keinginan masyarakat yang lain untuk bersinergi dan bekerja sama mengembangakan wisata Tol Kahyangan ini. Dari sisi organisasi, pengelolaan destinasi wisata di bawah naungan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) Wonolelo yang membawahi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wonolelo sehingga ada kesinambungan pengelolaan wisata,” tuturnya.

Terakhir, Rakhmawati Wijayaningrum selaku Lurah Kalurahan Wirokerten menyampaikan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk belajar atau studi tiru di Desa Wonolelo ini. “Terima kasih kami ucapkan kepada Lurah, BUMdes, Bamuskal, dan perangkat Desa Wonolelo yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk menimbal ilmu tentang manajemen BUMDes ini. Semoga melalui studi tiru ini, embrio BUMKal Wira Jaya Makmur terbuka pengetahuan dan menambah motivasi untuk terus berjuang menghidupkan Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) Wirokerten ini.

Komentar atas BUMKal Wira Jaya Makmur Melaksanakan Studi Banding di Desa Wonolelo Kabupaten Magelang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License