Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta Ke Wirokerten ?Ada Apa ?

REDAKTUR 10 Agustus 2023 16:00:52 WIB

WIROWARTA - Didasari hasil kajian Daerah Rawan Kecelakaan (DRK) 2022 , didapati adanya peningkatan wilayah tertinggi kecelakaan lalu lintas di daerah Bantul , sleman, kulon progo. Sementara jogja sendiri berada diperingkat 4 dari 34 Provinsi di Indonesia, dan Kapanewon Banguntapan  menduduki peringkat 4 dari 17 Kapanewon di  Kabupaten Bantul ,mengacu pada data tahun lalu.

Maka Dinas Perhubungan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menggandeng DPRD Komisi C Provinsi DIY sebagai mitra kerja, mengadakan kegiatan Kampanye Keselamatan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan, bertempat di Ruang PKK Kalurahan Wirokerten , Kapanewon Banguntapan, Kamis (10/09/23) pukul 08.30 WIB. Yang diikuti oleh 50 Peserta Perwakilan Perangkat, Pamong dan Tokoh Masyarakat.

Dalam kegiatan ini terdapat 4 narasumber , Bapak H. Ispriyatun  Katir Triatmojo DPRD Komisi C Provinsi DIY , Bapak Aprinanto Dinas Perhubungan DIY Bapak Umum Santoso instruktur safety riding center Astra Motor Yogyakarta , Bapak Bapak Arnold Dwi Novrianto Kepala Kantor Pelayanan  Jasa Raharja TK I Bantul yang di moderatori oleh bapak Yori Staff Dinas Perhubungan DIY.

Bapak H Ispriyatun  Katir Triatmojo menyampaiakan “ sosialisasi berlalu lintas dijalan diharapkan dapat menekan tingkat kecelakaan di daerah bantul , selanjutnya pemerintah daerah, kelurahan , DPRD dan masyarakat dapat bersinergi dengan baik terkait program kerja infrastruktur dan pembangunan jalan, terbukti realisasi pengaspalan padukuhan sampanga, dan sepanjang  jalan menuju kelurahan “ tuturnya.

Sementara itu Bapak Aprinanto menuturkan bahwa dalam berkendara harus cermat dari segi kelengkapan berkendaran ataupun saat berkendara , dan menambahan perihal rambu-rambu lalu lintas. Masih berhubungan dengan keselamatan dalam berkendara Bapak Umum Santoso menakankan bahwa dampak dari kecelakaan adalah kerugian , oleh karnanya pengemudi perlu menerapkan 4 T , Tunggu sejenak Tengok kanan kiri, Tengok kanan kiri.

Selanjutnya Bapak Arnold Dwi Novrianto Menjelaskan “ Proses klaim santunan jasa raharja sebenarnya cukup muda , hanya terkendala informasi di kalangan masyarakat, yang terpenting apabila terjadi kecelakaan , korban langsung dilarikan kerumah sakit, selanjutnya dari pihak keluarga melaporkan ke polisi 1x24 jam dan yeng terpenting dalam kecelakaan tersebut ada saksi mata, sementara untuk kecelakaan tunggal dan tidak adanya saksi mata, tidak dapat mengurus santunan” pungkasnya.

Adapun tujuan dari kegiatan Kampanye Keselamatan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan guna mengedukasi masyarakat luas berkenaan resiko dan bahaya dalam berkendara , menyadarkan masyarakat tentang bagaimana bekendara dengan baik serta menumbuhkan  rasa tanggung jawab dalam berlalu lintas. Pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancar tertib dan dalam keadaan kondusif.

Komentar atas Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta Ke Wirokerten ?Ada Apa ?

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License