ITV UMY Kembali Mengabdi ke Wirokerten, Inovasi Apa yang Dibawa?

REDAKTUR 26 Agustus 2023 16:56:19 WIB

WIROWARTA - ITV UMY atau Interconnecting Tourism Village Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan kelompok mahasiswa yang lolos proposal Program Kreativitas Mahasiswa skema Pengabdian Masyarakat (PKM-PM). ITV UMY ini kembali membawa inovasi berupa pengembangan satu pintuk wisata-UMKM di Kalurahan Wirokerten berbasis digital. Aplikasi yang menjadi tim ITV UMY ini memiliki nama sebutan berupa “Dewikerten” sebagai singkatan dari Desa Wisata Wirokerten.

Kedatangan tim ITV UMY ini untuk melakukan sosialisasi dan pengenalan aplikasi kepada mitra Kalurahan Wirokerten khususnya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wira Jaya. Sosialisasi dan pengenalan aplikasi ini dilaksanakan di Pendopo Kolam Grojogan atau yang dikenal Pasar Blumbang pada hari Rabu, 23 Agustus 2023. Dalam pemaparan ini, dimpimpin oleh Rosyid Annafi Hakim yang mengatakan bahwa aplikasi “Dewikerten” ini memiliki manfaat yang mampu meningkatkan perekonomian di Kalurahan Wirokerten,

“Aplikasi Desa Wisata Wirokerten digital atau “Dewikerten.id” ini berguna untuk mengoneksikan antara potensi wisata dan UMKM yang ada di Kalurahan Wirokerten. Lain daripada itu, aplikasi ini juga menjadi wadah dalam mempromosikan wisata dan produk UMKM berbasis digital. Aplikasi ini juga memiliki tiga fitur andalan, berupa paket wisata, tilik wisata, dan lapak UMKM. Fitur paket wisata berfungsi untuk promosi paket wisata yang akan dikembangkan oleh Pokdarwis dan Desa Wisata Kalurahan Wirokerten. Sedangkan, fitur tilik wisata berguna untuk memberikan rekomendasi wisata apa yang dapat dikunjugi di Kalurahan Wirokerten. Terakhir, fitur lapak UMKM memiliki fungsi untuk mengenalkan dan promosi UMKM yang ada di Kalurahan Wirokerten,” jelasnya.

Acara ini dimulai pada pukul 20.00 WIB yang dipimpin langsung oleh Rivaldi Alan Saputra selaku Ketua Pokdarwis Wira Jaya. Kemudian dilanjutkan penyampaian dari Ana selaku penasihat Pokdarwis Wira Jaya. Lalu, kegiatan dilanjutkan penyampaian dari Widyanto selaku Ulu-Ulu Kalurahan Wirokerten. Kemudian, dilanjutkan pemaparan oleh setiap divisi dari Pokdarwis Wira Jaya. Terakhir, pengenalan Aplikasi “Dewikerten.id” oleh tim PKM-PM ITV UMY. Acara berlangsung meriah dan penuh antusias yang dibuktikan dengan peserta atau pengurus Pokdarwis Wira Jaya sudah tidak sabar dalam menerapkan aplikasi “Dewikerten.id” di Kalurahan Wirokerten.

Komentar atas ITV UMY Kembali Mengabdi ke Wirokerten, Inovasi Apa yang Dibawa?

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License