Kring Kring Kring Ada Spedah, Spedahku Roda Dua!

REDAKTUR 07 September 2023 16:23:12 WIB

Wirowarta - Salah satu program kerja kelurahan wirokerten di tahun ini adalah membentuk kepengurusan desa budaya dan desa wisata , kemudian di tahun 2024 membentuk Kepengurusan desa Preneur dan Prima, ada pun di tahun 2025 menjadi Desa / Kelurahan Mandiri Budaya, dimana persyaratan hya dengan membentuk sub sektor kepengurusan desa budaya, desa wisata desa preneur dan desa Pima dan merupakan program kerja jangka panjang.

Dalam upayanya Pemerintah Kelurahan Wirokerten tidak bekerja sendiri, dikomandoi oleh Bapak Widyanto selaku ulu ulu ( pamong kalurahan) dan berkolaborasi dengan kelembagaan kelurahan wirokerten, serta membentuk pokdarwis ( kelompok sadar wisata) yang anggotanya diambil dari pemuda pemudi di tiap pedukuhan yang ada pada kalurahan wirokerten. Dan menggandeng unsur akademisi yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang membersamai, dan membimbing kalurahan wirokerten untuk mewujudkan proker tersebut, melalui  bantuan material maupun imaterial.

Salah satunya telah sampai dengan selamat di kolam grojogan, unsur untuk menambah daya tarik wisata di kolam grojogan yaitu 7 Buah Unit Sepedah Ontel ( Sepedah Jadul) pada hari Rabu  , ( 06/09) yang diwakili oleh Bapak Widyanto selaku ulu ulu, mas Arif Kurniawan Tim Pelaksanan Kalurahan ( TPK) Kalurahan Wirokerten. Adapun tujuan dari hibah 7 unit sepedah diperuntukan untuk menambah koleksi unsur kebudayaan di Pasar Blumbang Kolam Grojogan, selain itu diproyeksikan untuk set Foto dengan menggunakan baju daerah ( lurik) dan dapat menjadi daya tarik tersendiri dalam event Pasar Blumbang #8 yang akan menampilkan lomba Hadroh se Daerah Istimewa Yogyakarta  dan kuliner bertemakan jadul yang banyak macamnya, yang akan dilaksanakan dalam 2 hari, pada Hari Sabtu 09 September dan Minggu 10 September 2023 dimulai pada pukul 08.00 Wib, dengan total hadiah 3 Juta Rupiah dan Trofi Bupati Bantul.

Dalam upayanya untuk mempertegas unsur kebudayaan yang ada di event Pasar Blumbang berlokasi di kolam grojogan, kedepanya akan diupayakan untuk menambah elemen elemen pendukung, ssalah satunya selain sudah ada sepedah ontel, juga ada lesung yang diperuntukan untuk kegiatan gejug lesung.

Jadi jika rekan rekan penasaran seperti apa keseruan di Pasar Blumnang #8 nanti ajak sanak suadara dan tetangga untuk meramakainya, kami tunggu kedatanganya.

Komentar atas Kring Kring Kring Ada Spedah, Spedahku Roda Dua!

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License