Blumbang Mataram Art #1 Ciptakan Oase Kesenian di Wirokerten, 16 September 2023

REDAKTUR 15 September 2023 17:30:31 WIB

Beberapa kelompok kesenian akan memeriahkan gelaran Blumbang Mataram Art #1 pada 16 September 2023 mendatang di Pasar Blumbang, Jl. Imogiri Timur Grojogan Wirokerten Bantul. Beragam sajian pertunjukan yang dapat dinikmati di antaranya dramatisasi cerpen oleh Rumah Kreatif Bintang, pertunjukan teater oleh pekerja seni Jakarta, lagu puisi oleh Untung Basuki dan Sabu, Monolog oleh Gea Mytha, serta musikalisasi puisi oleh Wanito Ngunandiko, Devie Matahari, dan Kopi Pagi Kopi Gayo.

Di tengah proses latihan Rumah Kreatif Bintang, Ana Ratri selaku koordinator acara menceritakan bahwa pergelaran ini berawal dari perbincangannya dengan Devie Matahari, anggota Teater Jalanan Nusantara di sudut kantin Taman Ismail Marzuki Jakarta. Devie menyampaikan keinginan Teater Jalanan Nusantara untuk melakukan tur ke Yogyakarta yang kemudian disambut kesediaan Ana Ratri untuk menjadi tuan rumah.

Selayaknya tuan rumah yang ingin menjamu tamunya dengan segenap hati, Ana Ratri pun  mempersiapkan segala keperluan acara dengan matang. Untuk menekan biaya pengeluaran, ia bekerja sama dan menjalin hubungan timbal balik yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak. Gayung bersambut, segala keperluan seperti akomodasi, konsumsi, panggung, sound, dan lighting dapat teratasi dengan strategi simbiosis mutualisme tersebut.

Tajuk “Blumbang Mataram Art #1” dipilih karena pergelaran kesenian yang diadakan di Pasar Blumbang tersebut harapannya akan terus berlanjut dan dapat berkolaborasi dengan kelompok-kelompok kesenian lainnya. Pasar Blumbang sendiri baru saja dinyatakan sebagai desa wisata oleh Bupati Bantul pada 10 September 2023. Berbagai agenda yang diadakan secara rutin di tempat tersebut di antaranya Kopi Blumbang setiap malam Sabtu dan malam Minggu, serta Pasar Jadul serba 5000 setiap Minggu Wage. Di samping itu, Pasar Blumbang telah mengadakan beberapa event besar, seperti lomba hadrah, lomba menggambar dan mewarnai, lomba latto-latto, fashion show, hingga lomba poco-poco.

Tidak hanya menjadi kesempatan untuk memperkenalkan Pasar Blumbang kepada masyarakat yang lebih luas, acara ini juga menjadi ajang unjuk kebolehan bagi sanggar Rumah Kreatif Bintang yang sebagian besar anggotanya merupakan pemuda dan pemudi setempat. Sanggar yang berada di bawah asuhan Ana Ratri dan Megatruh Banyu Mili tersebut akan membawakan dramatisasi  cerpen “Suro” karya Ana Ratri. Meski tidak semua anggota memiliki latar belakang seni pertunjukan, mereka sangat antusias dan memiliki kesungguhan dalam berlatih untuk menyuguhkan penampilan terbaik.

“Saya berharap ini menjadi oase kecil di selatan. Penonton bisa merokok bebas, bisa jajan bebas. Kalau di gedung kita gak boleh bawa makan dan minum, di sini kita bisa nonton sambil ngapain aja,” ujar Ana Ratri. Dengan begitu Blumbang Mataram Art #1 menjadi suatu pergelaran kesenian yang merakyat sekaligus dekat dengan alam.

 

Komentar atas Blumbang Mataram Art #1 Ciptakan Oase Kesenian di Wirokerten, 16 September 2023

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License