Murni Timbangan Kodok, Produk Asli Kalurahan Wirokerten yang Kondang

REDAKTUR 04 Oktober 2023 11:29:23 WIB

Wirowarta - Kalurahan Wirokerten yang terdiri dari delapan Padukuhan ini memiliki potensi yang amat sangat beragam. Potensi ini yang akan diolah untuk menjadikan Kalurahan Wirokerten sebagai Desa Wisata. Desa Wisata Wirokerten ini akan dikonsep sebagai desa wisata berbasis potensi lokal dengan mengembangkan UMKM sebagai moda transportasi utama. Murni timbangan kodok merupakan salah satu UMKM yang dilirik untuk menunjang Desa Wisata Wirokerten. Timbangan kodok ini memiliki keunikan tersendiri yang mana dari proses rakit hingga siap jual dilakukan di kediaman pemilik timbangan. Hal ini menjadi nilai wisata yang perlu dipoles agar menjual sebagai paket wisata.

Paijo selaku pemilik sentra timbangan kodo merek Murni ini mengatakan lika-liku perjalanan produksi timbangan ini. ”Produksi timbangan kodok sudah dimulai sejak tahun 2007 dengan memiliki 15 karyawan untuk proses pembuatannya. Saat pandemi tahun 2019, produksi timbangan ini juga tidak terganggu malah berdampak positif pada pemesanan kuantitas timbangan. Namun, produksi timbangan ini menjadi terguncang karena beberapa masalah internal pada tahun 2020. Oleh karena itu, sentra produksi timbangan ini mulai kami rintis kembali pelan-pelan dan konsisten agar tetap melalang buana seperti sedia kala,” jelasnya.

”Timbangan kodok Murni di Padukuhan Kepuh Wetan, Kalurahan Wirokerten ini sudah ada di mana-mana. Bisa dicek di Toko Progo, toko online, di daerah Surabaya, Semarang, dan Wonosobo, jika ada timbangan merek Murni ya itu timbangan yang diproduksi di tempat ini. Harga yang ditawarkan dari timbangan ini beragam mulai dari Rp150.000-Rp350.000. Namun, bila beli di luar, bisa mencapai dua kali lipat atau Rp600.000.” terangnya.

Rosyid Annafi Hakim selaku tim ITV UMY mengatakan bahwa potensi timbangan kodok di Kalurahan Wirokerten ini dapat dimasukan ke dalam lapak UMKM. ”Melihat unique selling dari produksi timbangan kodok ini, kemungkinan besar menjadi nilai plus untuk diinput dalam aplikasi ”dewikerten.id” khususnya dalam fitur lapak UMKM. Aplikasi ”Dewikerten.id” akan menjadi salah satu opsi untuk membantu Masyarakat Kalurahan Wirokerten dalam memasarkan produk UMKM lokalnya,” terangnya.

Komentar atas Murni Timbangan Kodok, Produk Asli Kalurahan Wirokerten yang Kondang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License