De Guska, UMKM Craft Andalan Kalurahan Wirokerten

REDAKTUR 04 Oktober 2023 11:30:41 WIB

Wirowarta - De Guska merupakan salah satu UMKM di Kalurahan Wirokerten yang bergerak di bidang fashion. De Guska sementara ini memproduksi tote bag, sling bag, post man bag, dan tas sejenis yang dikemas dengan lukisan manual dari tangan. Lukisan inilah yang membedakan produk De Guska dengan produk yang lain sehingga dapat bersaing secara nasional. De Guska sendiri sudah dirintis sejak tahun 2010 yang berjualan di kegiatan Sunday Morning dengan produk hanya berupa Tote Bag. Kemudian, di tahun 2015 mengepakan sayapnya dengan menambah produk berupa sling bag. Mulai dari sinilah De Guksa berkembang hingga sekarang ini.

Tim ITV UMY mengunjungi De Guska pada hari Sabtu (23/09) yang bertemu langsung dengan pemiliknya yaitu Eko Agus Suhariyanto Kurniawan. Eko mengatakan De Guska ini salah satu UMKM yang telah memiliki perizinan yang lengkap, yaitu Hak Kekayaan Intelektual dan Nomor Induk Berusaha. Eko juga mengatakan bahwa penjualan ini berbasis offline yang mana De Guska bertemu langsung dengan calon pembeli. ”De Guska seringkali mengikuti kegiatan pameran yang disesuaikan dengan terget pembeli. Metode ini juga lumayan efektif untuk menjual produk handycraft berupa tas unik ini.” jelasnya.

Afif Surya Putra selaku tim ITV UMY menjelaskan bahwa kunjungan UMKM Kalurahan Wirokerten ini digunakan untuk mwngintegrasikan dalam fitur lapak UMKM di dalam aplikasi ”Dewikerten”. ”Kunjungan ini untuk memfilter UMKM Kalurahan Wirokerten mana yang siap menjadi sample di dalam aplikasi ”Dewikerten”. Nantinya, aplikasi ”Dewikerten” ini menjadi solusi yang nyata untuk Kalurahan Wirokerten dalam mengintegrasikan potensi wisata-UMKM di Kalurahan Wirokerten. Kami berharap aplikasi ini juga akan ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kalurahan Wirokerten sehingga pengelolaannya akan terus berlanjut dan bermanfaat untuk Kalurahan Wirokerten,” ujarnya.

Komentar atas De Guska, UMKM Craft Andalan Kalurahan Wirokerten

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License