Tahu Mutiara, Mutiaranya Kalurahan Wirokerten

REDAKTUR 04 Oktober 2023 11:31:32 WIB

Wirowarta - Kalurahan Wirokerten merupakan salat satu Kalurahan yang terletak di Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul dengan luas wilayah mencapai 413,83 hektar. Kalurahan Wirokerten terdiri dari delapan Padukuhan yaitu Padukuhan Kepuh Wetan, padukuhan Kepuh Kulon, Padukuhan Mancasan, Padukuhan Wirokerten, Padukuhan Sampangan, Padukuhan Grojogan, Padukuhan Glondong, dan Padukuhan Mutihan. Di Padukuhan Sampangan inilah terdapat sentra produksi tahu Mutiara yang sudah menjajakan produknya secara luas. Tahu dengan branding menggunakan nama “Mutiara” tanpa bahan pengawet inilah yang akan menjadi cikal bakal wisata berbasis UMKM di Kalurahan Wirokerten.

Triyono selaku pemilik produksi tahu bermerek Mutiara ini mengaku sudah sejak 90an berkecimpung di dunia tahu kotak ini. “Awal mula produksi tahu ini sejak tahun 1998 yang diawali Saya menjadi karyawan produksi tahu. Dari hal itu, Saya mendapatkan ilmu dan diterapkan untuk mencoba produksi tahu sendiri. Beberapa tahun yang lalu, sentra produksi tahu ini memiliki tujuh (7) karyawan, tetapi lambat laun karyawan saya kian turun/ berhenti. Menurut hemat Saya, sebab area produksi tahu yang panas dan tidak ada jam kerja yang pasti, masyarakat di sini lebih memilih menjadi kuli bangunan. Sekarang, karyawan di sini hanya tersisa satu orang, itu pun adik sepupu saya sendiri. Walaupun karyawan hanya satu, tetapi produksi sehari di sini mencapai 50 kg kedelai untuk diubah menjadi 456 buah tahu.” tuturnya.

Syfa Octaviani selaku tim ITV UMY mengatakan bahwa produksi tahu ini akan menjadi keunikan tersendiri bagi Desa Wisata Wirokerten nantinya. “Sentra produksi tahu Mutiara yang terletak di Padukuhan Sampangan ini bisa digunakan untuk opsi di dalam paket wisata. Nantinya, paket wisata ini dikemas dengan wisata-UMKM yang mengajak pengunjung untuk berkeliling UMKM di Kalurahan Wirokerten. Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi yaitu produksi tahu ini. Pengunjung akan diajak eksperimen secara langsung dari proses produksi hingga menikmati tahu Mutiara ini,” terangnya.

Komentar atas Tahu Mutiara, Mutiaranya Kalurahan Wirokerten

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License