Penyusunan Batu di jalan kepuh wetan, benteng pertahanan atau talud jalan ?

REDAKTUR 14 November 2023 16:15:18 WIB

WIrowarta_ Pembangunan talud di padukuhan kepuh wetan mulai dikerjakan dari hari Rabu 01 November 2023 ,talud membentang sepanjang 50 meter (M2) diproyeksikan selesai  dalammkurun waktu 2 minggu terhitung dari awal pengerjaan . Pembangunan talud mendapat sontekan dana yang bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus dari (BKK) sebesar 30 juta yang berasal dari Dana Aspirasi atau BKK yang diberikan oleh Endro Sulastomo S.H.

BKK merupakan bantuan keuangan kepada Pemerintah Kalurahan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, yang harus dibelanjakan sesuai dengan tujuan pemberian bantuan keuangan yang telah ditentukan oleh Pemerintah Daerah, hal ini tercantum dalam Peraturan Bupati Bantul Nomor 14 Tahun 2022 Tentang Pedoman Pemberian Bantuan Keuangan Bersifat Khusus Kepada Kalurahan.

Padukuhan kepuh wetan sendiri masuk dalam wilayah kelurahan Wirokerten, Banguntapan, Bantul,  yang wilayahnya masih didominasi areal persawahan , dimana lokasi persawahan umunya berada di bawah / lebih rendah dari jalan raya , yang berpotensi terjadi erosi /tanah longsor ( adalah suatu peristiwa yang terjadi secara alami oleh pengikisan padatan (endapan, tanah, batuan, dan partikel lainnya) akibat transportasi oleh angin, tanah dan material lain di bawah pengaruh gravitasi atau oleh makhluk hidup semisal hewan yang membuat liang atau pertumbuhan akar tanaman yang mengakibatkan retakan tanah ( wikipedia )

Untuk mengantisipasinya  maka dilaksanakan pembanguanan talud jalan , dimana perbaikan dan peningkatan infrastruktur di tiap padukuhan merupakan salah satu dari program kerja kelurahan wirokerten.

“Upaya ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan akan kemungkinana terjadinya erosi /tanah longsor , mengingat sebentar lagai akan memasuki musim hujan terlebih kegiatan ini merupakan salah satu program kerja  dari kelurahan wirokerten untuk selalu memberikan kenyamanan terhadap warganya di tiap padukuhan , dengan pengoptimalan  fasilitas umum salah satunya ,  dengan pembangunan serta peningkatan infrastruktur, dan talud jalan  termasuk didalamnya  “ , ungkap setyawan selaku ketua Tim Pelaksana Kegiatan ( TPK ) Kalurahan Wirokerten.

Pemerintah Kalurahan Wirokerten mengawal proses pengerjaanya dari awal hingga selesai guna mendapatkan hasil yang maksimal, dan diketahui bahwa tenaga / sumber daya manusia ( sdm ) ,  proyek pembangunan talud juga berasal dari padukuhan di kelurahan wirokerten  yang artinya pihak kelurahan juga melakukan pengoptimalan sdm dari warga di kelurahan , hal ini mencerminkan bukti terkait kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh pemerintah kelurahan. Sinergitas ini yang harapan kedepanya dapat menghasilkan perubahan ke arah yang positif dalam aspek pembangunan lokal.

Komentar atas Penyusunan Batu di jalan kepuh wetan, benteng pertahanan atau talud jalan ?

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License